Kegiatan Pembinaan Pengawasan Aliran Penghayat Kepercayaan Masyarakat (PAKEM)

Kegiatan PAKEM Kejaksaan Negeri Kudus



Pelaksanaan kegiatan Pembinaan Pengawasan Aliran Penghayat Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) yang dipimpin oleh Bp. TRIJOKO, SH, MH (Kepala Kejaksaan Negeri Kudus) selaku Ketua PAKEM Kab. Kudus dengan tema “Membangun toleransi antar umat beragama dan menjaga dalam keutuhan NKRI serta mencegah radikalisme dan terorisme”, yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 08 April 2021 Ds. Larik Rejo RT. 02 RW. 01 Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Kantor Kesbangpol Kudus, unsur Muspika Kecamatan, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat desa Larik Rejo Kec. Undaan Kab. Kudus.

Adapun dalam kegiatan tersebut, Ketua PAKEM Kab. Kudus telah menyampaikan beberapa hal diantaranya:

a. Radikalisme di bagi menjadi dua yaitu: 1). Radikalisme Statis adalah pemikiran yang bersifat gagasan,tidak dalam bentuk aksi nyata kekerasan. 2). Radikalisme Destruktif adalah Radikalisme yang merusak dengan metode Kekerasan dalam wujudkan cita cita dan tujuan.

b. Tipologi kelompok Radikal: 1). Radikal Gagasan, 2). Radikal Milisi, 3). Radikal Separatis, 4). Radikal Premanisme, 5). Radikal Teroris.

c. Cara dalam tangkal Radikalisme adalah dengan memperkuat Nilai Nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

d. Himbauan kepada generasi muda untuk tidak terpengaruh dengan paham – paham yang menyimpang dari pedoman Pancasila.

e. Ciri pokok kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yaitu: 1). Adanya keyakinan kepada tuhan YME (identitas dasar, sarana mendekatkan diri kepada tuhan), 2). Adanya perilaku ketakwaan, 3). Adanya pengamalan budi luhur.



admin

Website ini diciptakan bertujuan salah satunya adalah untuk meningkatkan kemudahaan pelayanan informasi kepada masyarakat tentang Kejaksaan Negeri Kudus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *