Sejarah

Gedung Kejaksaan Negeri Kudus

Kejaksaan Negeri Kudus

Pada era sebelum kemerdekaan, Kejaksaan bernaung dibawah Departemen Dalam Negeri bersama-sama dengan Kepolisian.Sejak tanggal 19 Agustus 1945 berdasarkan keputusan rapat PPKI, Kejaksaan dimasukkan kedalam lingkungan Departemen Kehakiman. Seiring dengan hal tersebut didalam Buku Sejarah Kudus yang disusun Tim Pemerintah Kabupaten Kudus disebutkan bahwa instansi Pengadilan telah terbentuk sejak tahun 1945. Terbentuknya Pengadilan dan Kejaksaan Negeri tersebut tidak ditemukan data tanggal berdirinya. Pada masa tersebut Kantor Kejaksaan berada satu atap dengan Pengadilan Negeri Kudus.

Dengan diterapkannya Kejaksaan menjadi lembaga yang berdiri sendiri terlepas dari Departemen Kehakiman tepatnya pada tanggal 22 Juli 1960, maka Kantor Kejaksaan Negeri Kudus terpisah dengan Kantor Pengadilan Negeri Kudus. Pengadilan Negeri Kudus memiliki gedung Kantor sendiri, sedangkan Kejaksaan Negeri Kudus menempati gedung bekas Kantor Asisten Residen (AR) di jalan Jenderal Sudirman No. 41 bersama dengan Kantor Pajak, Bea dan Cukai serta Kantor Penmas, dengan area tanah seluas 2840 m2. Pada tahun 1980, Kepala Kejaksaan Negeri Kudus dijabat oleh Bp. Bintoro, SH bersamaan dengan pindahnya Kantor Pajak, Bea dan Cukai serta Kantor Penmas dari lokasi tanah bekas Asisten Residen (AR) karena membuat gedung sendiri, maka dengan persetujuan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah tanah milik bekas Asisten Residen (AR) tersebut terbit sertifikat Hak Milik atas nama Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah yang terletak di jalan Jenderal Sudirman No. 41 Desa Keramat Kec. Kota Kab. Kudus.

Dalam perkembangannya pada tahun 1982, dimana Kepala Kejaksaan Negeri Kudus yang dijabat oleh Bp. Bintoro, SH, Kejari Kudus mendapatkan dana dari pusat untuk merehab gedung kantor Kejaksaan Negeri Kudus dan secara bersamaan mendapat bantuan sebidang tanah dari Pemda Kudus di Kelurahan Purwosari Kec. Kota Kab. Kudus yang diperuntukan pembangunan Rumah Dinas Kasi/ Kasubag. Adapun Rumah Dinas Kepala Kejaksaan Negeri Kudus masih Hak Milik Pemda Kudus.

Salam hangat,

Kejaksaan Negeri Kudus